Perhitungan PPh Pasal 21 dengan Excel

Di pasaran banyak ditawarkan program perhitungan PPh Pasal 21 dengan berbagai fasilitas tambahannya. Namun bagi perusahaan kecil dimana jumlah karyawannya tidak terlalu banyak, program tersebut menjadi relatif mahal. Sebenarnya dengan memanfaatkan program MS Excel kita dapat menghitung PPh Pasal 21 baik dengan metode Gross-Up maupun metode Non Gross-Up.

Penghitungan PPh Pasal 21 dengan Metode Gross-Up digunakan dalam hal perusahaan menanggung PPh Pasal 21 karyawan, dan PPh Pasal 21 tersebut dianggap sebagai tambahan penghasilan bagi karyawan yang juga merupakan dasar untuk menghitung PPh Pasal 21 yang terutang. Dengan kata lain karyawan diberi tambahan penghasilan berupa tunjangan pajak yang besarnya sama dengan PPh Pasal 21 yang akan dipotong oleh perusahaan. Sedangkan penghitungan Non Gross-Up (penghitungan biasa) digunakan jika PPh Pasal 21 yang terutang menjadi beban karyawan.

Metode Gross-Up

Caranya :
Pertama kali kita harus mempersiapkan program ecxel untuk melakukan perhitungan otomatis jika ada perhitungan yang bersifat “circular”, yaitu pada menu “Tools” pilih “Option” yang kemudian akan muncul dialog box. Klik tab “Calculation” kemudian pilih “Automatic” dan beri tanda check mark pada kotak kecil “Iteration”. Isilah maximum iteration “100” dan maximum change “0,001.”

Selanjutnya kita membuat tabel perhitungan PPh 21 yang terdiri dari kolom-kolom seperti Nama, Status, Gaji, Tunjangan Pajak, Tunjangan Transport, Tunjangan Makan dll, Bonus, Biaya Jabatan, Iuran Jamsostek, Penghasilan Neto, PTKP, Penghasilan Kena Pajak, dan PPh Pasal 21.

Pada kolom ”Tunjangan Pajak” kita cantumkan tanda sama dengan kolom PPh 21 Terutang. Misal, kolom ”Tunjangan Pajak” ada pada Kolom G, dan kolom PPh 21 Terutang adalah Kolom U, maka pada kolom ”Tunjangan Pajak” (G) diketik misalnya ”=U9”. dst

http://konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.multiply

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: