PPN atas Penyerahan Jasa ke Lembaga Pendidikan

Dalam ketentuan Pasal 4 ayat (3) huruf f UU PPN disebutkan bahwa jasa di bidang pendidikan merupakan jasa yang tidak dikenai PPN.

Dalam ketentuan Pasal 5 huruf f Peraturan Pemerintah Nomor 144 Tahun 2000 juga disebutkan bahwa jasa dalam bidang pendidikan adalah jasa yang bukan merupakan Objek PPN. Lebih lanjut dalam Pasal 10 Peraturan Pemerintah Nomor 144 Tahun 2000 tersebut juga dijelaskan yang termasuk ke dalam jasa pendidikan sendiri yaitu:

Jenis jasa di bidang pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf f meliputi :

a. Jasa penyelenggaraan pendidikan sekolah, seperti jasa penyelenggaraan pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan luar biasa, pendidikan kedinasan, pendidikan keagamaan, pendidikan akademik dan pendidikan profesional; dan

b. Jasa penyelenggaraan pendidikan Iuar sekolah, seperti kursus-kursus.

Jika merujuk kepada ketentuan Pasal 4 ayat (3) huruf f UU PPN maupun Peraturan Pemerintah Nomor 144 Tahun 2000 di atas, maka jasa pendidikan yang dibebaskan dari pengenaan PPN adalah jasa di bidang penyelenggaraan pendidikan, dalam hal ini yang dimaksud dengan jasa penyelenggaraan pendidikan adalah seperti jasa atas kegiatan mengajar atau pelatihan yang diberikan oleh institusi atau lembaga pendidikan yang bentuknya bisa seperti kursus, pendidikan kedinasan atau pendidikan lainnya seperti ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah di atas.

Jadi penyerahan jasa kepada institusi pendidikan (sekolah) tetap dikenai PPN apabila yang diserahkan tersebut bukan seperti jasa sebagaimana dimaksud dalam pengertian jasa pendidikan di atas.

http://konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.multiply


About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: