Kontrak dan Perpajakan

Berbagai kontrak yang dibuat perusahaan, sebisa mungkin harus memuat klausul tentang pajak, yaitu pajak-pajak yang terkait (tidak global), siapa yang harus menanggung dan kaitannya dengan nilai kontrak (include atau exclude PPN, gross-up atau non gross-up PPh-nya). Khusus untuk PPh Pasal 23 atau Final sebaiknya tidak menggunakan istilah gross-up, tapi dilakukan dengan meng-gross-up nilai kontrak dan kemudian ditambahkan nilai PPN terutang dan PPh Pasal 23 atau Final yang dipotong dari jumlah bruto. Tidak disarankan untuk melakukan gross-up sepihak karena menciptakan blunder baik di pihak pemberi maupun penerima penghasilan.

Berkaitan dengan kontrak dengan tenaga ekspatriat atau pihak luar negeri, maka sekali lagi perlu diperhatikan faktor tax treaty, SKD atau CRT dan status ekspatriat sebagai Subjek Pajak.

Bagian ini biasanya juga menangani persoalan yang berkaitan dengan royalti atau lisensi. Kedua hal ini harus dipahami tidak saja dari segi bisnis, akan tetapi juga harus dari segi pajaknya.

Secara ideal, bagian ini bahkan semestinya dibebani juga dengan tugas-tugas untuk melakukan tax research dan tax litigasi. Mengapa? Karena di bagian ini ditempatkan orang-orang yang berkompetensi dalam bidang hukum. Pajak, sebenarnya adalah sebuah perangkat hukum dan tidak semata-mata perangkat teknis untuk praktek bisnis di mata perpajakan. Bukan tidak mungkin, jika orang-orang di bagian hukum ini juga memahami hukum perpajakan, maka efisiensi dan efektifitas perpajakan perusahaan akan bisa ditingkatkan.

Dalam berbagai praktek litigasi perpajakan, konsep-konsep hukum akan berperan besar untuk memenangkan sebuah kasus perpajakan, baik dalam hubungannya dengan otoritas pajak maupun dengan pihak lain.

http://konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.multiply


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: