Sewa Ruangan di Hotel

Ketentuan pemajakan atas hotel diatur secara tersendiri dalam Undang-undang Pajak Daerah dan ketentuan pelaksanaannya. Pada prinsipnya, hotel dilekati kewajiban pajak daerah yang disebut dengan pajak hotel. Sesuai Pasal 38 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2001, Objek Pajak Hotel adalah pelayanan yang disediakan hotel dengan pembayaran, termasuk:

a. Fasilitas penginapan atau fasilitas tinggal jangka pendek;

b. Pelayanan penunjang sebagai kelengkapan fasilitas penginapan atau tinggal jangka pendek yang sifatnya memberikan kemudahan dan kenyamanan;

c. Fasilitas olah raga dan hiburan yang disediakan khusus untuk tamu hotel, bukan untuk umum;

d. Jasa persewaan ruangan untuk kegiatan acara atau pertemuan di hotel.

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa persewaan ruangan untuk kegiatan acara -termasuk rapat-, adalah Objek Pajak hotel. Oleh karena telah ditentukan sebagai Objek Pajak hotel, maka sewa ruangan untuk kegiatan acara atau pertemuan tidak dilekati lagi dengan kewajiban pajak yang lain. Dalam hal ini, pihak yang memanfaatkan pelayanan hotel, yaitu perusahaan Ibu, tidak memiliki kewajiban untuk memotong/memungut Pajak Hotel atas pembayaran yang diberikan kepada hotel. Dalam hal ini, pihak yang berwenang untuk memungut Pajak Hotel adalah pihak penyelenggara hotel yang secara umum dapat diartikan sebagai pengusaha hotel itu sendiri. Pajak Hotel yang terutang, dipungut di wilayah tempat hotel berlokasi.

Kondisinya akan berbeda apabila penyewaan ruangan tersebut bersifat permanen atau tetap seperti halnya pertokoan atau perkantoran yang dipergunakan oleh umum di hotel. Sesuai Pasal 38 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2001, pertokoan atau perkantoran yang dipergunakan oleh umum di hotel tidak termasuk Objek Pajak Hotel. Dalam hal ini, Objek Pajak yang timbul adalah Objek PPh Pasal 4 ayat (2) yang bersifat final.

http://konsultanpajak-aaa.com konsultan-pajak.co.cc aris-aviantara.blogspot aviantara.multiply


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: